16 Agu 2013

Lebih Detail tentang PDA, Modem (Phone) dan CSC

Jika kita sering keluar masuk forum yang ada hubungan dengan Android masih banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai apa beda firmware PDA, Modem dan CSC (untuk gadjet Samsung). Di tulisan ini saya mencoba menjelaskan perbedaan ketiga istilah tersebut (isi akan diupdate jika ada informasi yang lebih jelas)

PDA
Istilah firmware PDA secara sederhana berarti Android itu sendiri. Sistem operasi dan program-program tambahan akan dinamakan sesuai nama PDA ini. Fungsi PDA sebagai user interface untuk fitur di HP seperti keyboard (swype), bahasa, waktu dan sebagainya. Misal kita ingin menggunakan tampilan arab, cina atau rusia maka kita harus memilih versi PDA yang mendukung tampilan tersebut.

Phone/Modem
Istilah Modem/Phone untuk Android bermakna firmware untuk chipset yang didesain untuk komunikasi jaringan wireless. Firmware ini berfungsi mengontrol koneksi WiFi, Bluetooth, jaringan 3G/2G/GSM dan GPS (optional).

Di dalam Modem ini tersimpan informasi hardware (driver) yang secara khusus disediakan untuk model HP tertentu. Kita tidak bisa flash/install modem untuk model HP yang berbeda.

CSC
CSC singkatan dari Country (Carrier) Specific Code berisi paket file yang secara spesifik berisi informasi jaringan network untuk wilayah atau negara tertentu. Paket CSC ini berguna jika kita ingin menggunakan fungsi mms, video call, 3G dan lain-lain tanpa harus mengedit secara manual.

Kita ambil contoh setting APN, jika kita menggunakan CSC yang sesuai (untuk Indonesia) maka setiap kali kita insert simcard akan otomatis terdeteksi APN sesuai jaringan apa kita pakai. Jika CSC tidak sesuai maka kita harus memasukkan secara manual.

sumber:
http://androina.blogspot.com/2011/06/lebih-detail-tentang-pda-modem-phone.html

0 komentar:

Posting Komentar