11 Okt 2013

Tips membuat kata sandi yang kuat dan aman

Kata sandi yang aman adalah lini pertahanan pertama Anda melawan penyusup dan penipu.
Jangan pernah memberikan kata sandi Anda kepada siapa pun. Jangan pernah berikan kepada teman, yang paling baik sekalipun. Teman dapat memberitahukan kata sandi Anda kepada orang lain tanpa sengaja, atau menjadi bekas teman bagi Anda dan menyalahgunakan kata sandi itu.
Jangan hanya menggunakan satu kata sandi untuk beberapa situs web. Jika seseorang menemukan kata sandi tunggal itu, mereka dapat menggunakannya untuk membobol account Anda di situs lain.
Buatlah kata sandi yang mudah diingat namun susah ditebak oleh orang lain. Pikirkan frasa seperti “Aku selesai kuliah tahun 2004” dan gunakan huruf depan dari setiap kata ini menjadi: “Askt2004.”
Buatlah kata sandi dengan panjang sedikitnya 8 karakter. Semakin panjang, semakin baik. Kata sandi yang panjang lebih sulit dipecahkan oleh pencuri.
Gunakan nomor, huruf besar, dan simbol. Jika situs webnya memungkinkan, gunakan $ sebagai pengganti S atau 1 sebagai pengganti L atau gunakan & atau ! – namun ingat bahwa $1ngle BUKAN kata sandi yang bagus. Pencuri kata sandi akan memecahkannya. Namun t$sa0 (singkatan dari “temanku Sam sangat asyik orangnya”) dapat menjadi kata sandi yang bagus.
Pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi. Ada beberapa program atau layanan Web yang memungkinkan Anda membuat kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap situs. Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi untuk mengakses program itu atau situs aman yang menyimpan kata sandi Anda. Dua di antara program ini adalah RoboForm (khusus Windows) dan Lastpass (Windows dan Mac).
Jangan tertipu serangan "phishing". Hati-hati sebelum mengklik link apa pun yang meminta Anda untuk login, mengubah kata sandi, atau memberikan data pribadi, meskipun permintaan itu tampaknya berasal dari situs yang sah. Bisa jadi permintaan itu adalah "phishing" dan informasi yang Anda berikan akan masuk ke peretas (hacker). Apabila ragu-ragu, login-lah secara manual dengan mengetikkan URL yang Anda tahu untuk situs itu di jendela browser.
Pastikan komputer Anda aman. Kata sandi terbaik di dunia tidak akan berguna jika seseorang mengintip dari balik pundak saat Anda mengetik (di kehidupan nyata maupun secara maya) atau jika Anda lupa logout dari komputer yang dipakai bersama. Perangkat lunak jahat, termasuk “keyboard logger” yang merekam semua ketukan tombol, dapat mencuri kata sandi dan informasi lainnya. Untuk meningkatkan keamanan, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak antivirus dan sistem operasi yang mutakhir.
Pertimbangkan juga “kata sandi” untuk ponsel Anda. Banyak ponsel dapat dikunci sehingga satu-satunya cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan kode tertentu. Orang dapat menemukan atau mencuri ponsel yang tidak terkunci dan menggunakannya untuk mencuri data pribadi, melakukan panggilan, atau mengirim sms yang seolah-olah berasal dari Anda. Pengguna ponsel Anda dapat mengirim sms yang seolah-olah Anda melecehkan kontak di buku alamat Anda dengan gambar atau perkataan yang tidak pantas.
© ConnectSafely.org

0 komentar:

Posting Komentar